Minggu, 29 April 2012

Penuhi Enam Kebutuhan Dasar Tubuh Anda

14 Juli 2010 pukul 11:36

Di dalam buku yang berjudul “Tauhid dan saint” karya Professor Osman Bakar disebutkan bahwa kedokteran Islam telah meletakkan enam prasyarat utama untuk menjaga kesehatan. Keenam prinsip ini biasanya disebut sebagai enam keharusan atau Sittah Dhoruriyah. Keenam hal itu adalah :
a.Udara, b.Makanan dan minuman, c.Istirahat dan gerak tubuh, d.Tidur, e.Istirahat dan gerak emosi, f.Ekskresi dan retenti

a. Udara

Udara yang baik dan bersih penting untuk kesehatan. Masalah pengaruh iklim dan tanah terhadap kesehatan individu, termasuk dalam penjabaran muslim tentang prinsip ini. Menurut Ibnu Sina perubahan lingkungan dapat membantu untuk menyembuhkan berbagai penyakit pasien. Untuk menjamin bahwa udara yang bersih tersedia bagi seluruh masyarakat, Ibnu Sina sangat merekomendasikan agar kota memiliki banyak taman dan desain arsitektural bangunan-bangunan kota dibuat harmonis secara ekologis dan kondisi iklimnya.
b.Makanan dan Minuman
Terdapat tiga prinsip yang harus diingat mengenai makanan, yaitu:
-- apa yang baik untuk dimakan dan diminum dan makanan dan minuman apa yang perlu dihindarkan.
-- Jumlah yang harus dimakan dan diminum.
--Waktu yang tepat untuk makan.
Kita sering mengenal istilah “Halalan Thoyyiban”, jadi seluruh makanan yang kita makan tidak hanya halal secara agama tapi harus thoyib membawa manfaat yang baik terhadap tubuh kita dan tentunya dalam jumlah yang cukup dan waktu yang tepat.

c. Istirahat dan gerak tubuh
Kesehatan yang sempurna membutuhkan istirahat dan gerak tubuh. Khususnya dalam bentuk latihan-latihan fisik. Pengobatan jenis penyakit dan gangguan fisik tertentu juga tergantung pada gerak atau diamnya tubuh. Sebagai contoh para ahli fisioterapi melakukan latihan pasif untuk penderita patah tulang. Dan gerakan-gerakan yang pasif itu akan sangat membantu penyembuhan patah tulang tersebut. Bahkan, latihan yang salah atau pasien yang enggan melakukan latihan akan mengalami penderitaan yang lebih lama dibandingkan dengan pasien yang menjalani latihan-latihan fisik yang dilatih oleh tenaga ahli fisioterapi.

d.Tidur
Tidur dipandang sebagai bentuk istirahat yang ideal, baik secara fisik maupun mental. Kurang tidur akan menyebabkan hilangnya energy, lemahnya mental dan terganggunya proses metabolisme tubuh, baik oleh system pencernaan, system peredaran darah, system muskuloskenetal, dan sitem urogenital.

e. Istirahat dan gerak emosi
Pemahaman muslim terhadap prinsip ini terutama melibatkan keadaan-keadaan emosi seseorang yang bermanfaat atau merusak kesehatannya. Kegembiraan harus ditumbuhkan, karena hal itu membantu dalam menjaga kesehatan seseorang. Adapun duka cita atau penderitaan, marah dan tegangan emosi, harus dihindarkan atau dikelola dengan baik, karena keadaan-keadaan emosional ini dapat membangkitkan banyak penyakit. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh factor-faktor psikologis, biasanya juga perlu ditangani secara psikologis. Banyak penyakit yang digolongkan ke dalam psikosomatis yakni penyakit-penyakit fisik yang sebenarnya merupakan manifestasi dari gangguan psikologis. Dokter-dokter muslim memperkenalkan fungsi dari terapi-terapi psikologis melalui music, perkumpulan dengan sesame teman atau kelompok, pemandangan yang indah, bunyi-bunyian, melalui wangi-wangian dll dalam menangani penyakit-penyakit yang disebabkan oleh ketidaksehatan psikologis.

TIPS SEHAT

Bila anda bingung, sering mondar-mandir atau duduk berpangku tangan. Mulai saat ini gantilah dengan duduk rileks, kedua tangan memegang dahi, di sana ada titik positif. Rasakan hangatnya sentuhan anda, yakinkan konsentrasi anda dapat mengatasi masalah.

f.Ekskresi dan retensi
Pelaksanaan fungsi system ekskresi atau pembuangan yang normal dan wajar adalah penting. Pembahasan prinsip ini menyangkut efek-efek hubungan seksual pada kesehatan. Ketidak-teraturan ekskresi produk-produk sisa dari tubuh, baik karena berlebihan, penguranga, maupun penyumbatan dapat membawa pada penyakit. Contoh-contoh cara ekskresi produk sisa tubuh yang alamiah adalah dieresis (produk air seni), muntah, buang air besar, keringat, dan ekskresi melalui uterus dalam bentuk haid.

(Sumber: dr. Sagiran, M. Kes., Sp.B, 2007. Mukjizat Gerakan Shalat : Penelitian Dokter Ahli Bedah dalam Pencegahan & Penyembuhan Penyakit, QultumMedia : Jakarta Selatan, h. 64-66)

0 komentar:

Posting Komentar

NASYID & RELIGI ISLAMI


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design